Minggu, 02 Desember 2012

Wordpress vs. Joomla: Who wins??




Meski begitu banyak Content Management System yang ada, namun Joomla dan WordPress adalah CMS (sistem manajemen konten) yang paling terkenal. Meski banyak kelebihan dan kekurangan di antara keduanya.

Namun secara pribadi saya lebih suka menggunakan Joomla, karena Joomla mempunyai lebih banyak pilihan extention nya dibanding wordpress. Memang sih wordpress juga memiliki plugin yang banyak, tetapi plugin yang digunakan di wordpress lebih kepada perlengkapan Nge-Blog dan Portal, sedangkan untuk joomla memiliki extensi yang lengkap mulai dari blog, forum, socialnetworking, chatting, portal, toko online, bahkan pilihan menu2 yang unik.

Akan tetapi jika Anda ingin membuat website/Blog yang tidak memerlukanĂ‚  banyak extention, hanya sekedar Posting, Komentar, Pasang Iklan, dan tentu saja tampilan yang gaul, maka cukup Anda bisa menggunakan WordPress yang memiliki banyak plugin dan template yang mendukungnya tampilannya.
Maka setelah sekian lama berkutat di Joomla (Untuk website sekolah saya), maka saya memutuskan untuk pindah ke lain hati (We..e..), yaitu dengan menggunakan WordPress saja. Lho Kok???
Mau tahu alasannya?? Nih….
  1. Alasan pertama adalah, karena Kapasitas Hosting saya cuma 50MB (Dulu…saat pertama kali menggunakan WordPress).
  2. WP mendukung banyak artikel serta sangat mudah dan cepat dalam pemilahan, penyaringan dan pengkategorian jenis-jenis Artikel, sangat berbeda dengan Joomla (bagi pemula akan sangat membingungkan).
  3. Mendukung Menu yang sangat fleksibel dan mudah dalam pembuatannya.
  4. WordPress lebih mudah dalam hal menyisipkan meta tag dan meta description, merubah permalink, Ping , sitemap dll. sedangkan Joomla membutuhkan lebih sedikit usaha untuk settingannya.
  5. WordPress memiliki template yang simple tapi terlihat professional, dibanding dengan Joomla, karena WP lebih mementingkan penghematan memori..
  6. Dalam hal plugins keduanya sekarang hampir setara, kalau duluĂ‚  WP tdk bisa mengupload plugins dari dlm dashboard, namun kini WP sudah bisa. Meski kadang ada beberapa plugins yg mesti diupload lewat FTP (Lewat Fillezilla atau cpanel)
  7. Untuk penggunaan Format FORUM , Joomla lebih simple , karena bisa terintegrasi langsung didalam script CMS nya. sedangkan wordpress mesti menginstal lagi script, atau plugins untuk Forum (untuk plugin forum tertentu).
Nah, bagi para pemula yang hanya ingin nge-Blog saja, saya sarankan untuk menggunakan WordPress . Karena WP sudah memenuhi semua keperluan yang nantinya akan Anda butuhkan untuk nge-Blog. Tapi bagi Anda yang ingin memiliki website/Blog yang lebih Powerful dan professional, silahkan Anda memilih Joomla.. (Pasti Anda tidak akan menyesal, -terutama bagi pemula- diperlukan kesabaran dan kerja keras untuk mendalaminya).
Maka, Putuskan sekarang!! Mau Joomla atau WP??

Sumber : http://amiroh.web.id/2012/08/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar