Pada tahun 1980, Setsuko Yonekubo yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yuko Yamaguchi yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.
Karakter utama
bernama Kitty White adalah personifikasi dari kucing berwarna putih dengan ciri
khas pita atau hiasan lainnya di daun telinga sebelah kiri dan mulut yang tidak
digambar. Kitty White merupakan karakter utama yang paling terkenal dari
kelompok Hello Kitty, sehingga karakter Kitty White sering dikira
bernama Hello
Kitty.
Pada waktu
pertama kali diperkenalkan, target utama pemasaran Hello Kitty adalah anak
perempuan, tapi sekarang penggemar Hello Kitty terdiri dari pria wanita
berbagai kalangan usia. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada
bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil
yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak
lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi
Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan.
Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam
jumlah terbatas.
Karakter dalam
barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum diberi nama. Pada
dompet Puchi Purse yang merupakan produk pertama hanya tertulis kata “Hello!”
(tanpa tulisan “Kitty”). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty
White sebagai “kucing putih tidak bernama,” sampai akhirnya perusahaan memberi
nama “Kitty” yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang tampil dalam cerita
Alice di Negeri Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll. Pada
mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga atau nama keluarganya tidak
diumumkan, “White” sebagai nama keluarga baru ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada
tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun
1996, Hello Kitty kembali menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa
putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang
populer pada saat itu Kahara Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty
dalam salah satu acara televisi. Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran
Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga
mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin
juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat oleh
media massa. Dalam pernyataannya di tahun 1997, direktur perusahaan Sanrio
pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat Kahara
Tomomi.
Pada tahun
2004, Kitty menjabat sebagai “teman khusus anak-anak” di UNICEF (hingga tanggal
1 November 2004). Mariah Carey yang menggunakan Hello
Kitty sebagai gaya busananya. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan
untuk pasar swalayan Target.Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore,Raven-Symoné, hingga Paris Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah terlihat
menggunakan barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan
penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang
dipersembahkan kepada Hello Kitty.
NOTE: Hello
Kitty tidak mempunyai mulut karena Hello Kitty berbicara dari dalam hati. Dia
adalah duta Sanrio untuk seluruh dunia, jadi tidak boleh terikat pada satu
bahasa saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar