Selasa, 13 November 2012

Surat Cinta Lebih Romantis?

Surat cinta adalah tradisi sejak ribuan tahun untuk mengungkapkan cinta. Di era digital ini, nampaknya surat cinta menghadapi ambang kepunahannya. Sepertinya orang tak mengungkapkan perasaan lewat kertas dan pena lagi. Hal ini dikuatkan oleh penelitian yang menemukan hanya 6 persen perempuan dan 4 persen laki-laki yang masih menulis surat cinta.

Sebaliknya, saat ini pasangan cenderung lari kepada metode yang  lebih modern dan memilih mengungkapkan perasaannya melalui  teks, email atau status mesra di Twitter. Dalam survei itu, 96 persen perempuan dan 92 persen laki-laki mengaku mengirimkan email romantis untuk orang yang dicintai.


97 persen lebih dari perempuan dan 89 persen laki-laki yang disurvei juga mengungkapkan cinta mereka melalui teks. Media lain yang sering jadi ungkapan cinta adalah Twitter. Menurut survei  sekitar  43 persen perempuan dan 39 persen laki-laki saling berkirim cinta lewat jejaring sosial yang satu ini. Angka ini lebih rendah karena tidak semua orang memiliki akun di Twitter atau pengguna aktif. Selain itu pesan di Twitter juga bisa dilihat semua orang sedangkan email dan teks jauh lebih pribadi.

Situs kencan SeekingArrangement.com, yang menggagas survei, menemukan bahwa hanya 1 dari 25 orang masih menulis surat cinta, sementara angka itu sedikit lebih tinggi bagi perempuan.

Jajak pendapat juga menunjukkan bahwa 57 persen perempuan dan 52 persen laki-laki telah masih menyimpan  surat cinta yang ditulis oleh kekasih sebelumnya, bahkan jika mereka sudah memiliki pacar baru.
Hal tersebut sama dengan pesan romantic  di media digital, perempuan lebih sering menyimpan email cinta sekitar 62 persen  dan sebanyak 32 persen masih menyimpan teks cintanya.  Sedangkan laki-laki hanya 37 persen yang menyimpan  email romantis dan 15 persen menyimpan teks romantis mereka. 

Pendiri Arrangement  Brandon Wade mengatakan: "Survei ini menunjukkan bahwa kita masih romantis seperti pendahulu kita. Hanya saja menunjukkan hal tersebut dengan cara yang berbeda. Tidak ada yang salah dengan teks atau email. Keuntungannya  pesan sampai jauh lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar