Rabu, 03 Oktober 2012

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Pisang

Pisang merupakan buah yang murah dan mudah di dapat, tapi tahukah anda bahwa pisang juga merupakan buah yang kaya gizi dan manfaat.. kandungan gizi pada pisang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi pada pisang sangat beragam, mulai dari karbohidrat, protein, dan vitamin. nilai energi pada pisang terbilang tinggi yaitu 136 kalori per 100gr pisang. karena itu para atlit biasa mengkonsumsi pisang untuk mendapatkan energi di saat istirahat. kandungan gizi pada pisang beberapa di antaranya adalah:

Energi:
setiap 100 gr pisang mengandung 136 kalori, nilai ini lebih banyak dari Apel yang hanya mengandung 54 kalori pada setiap 100 gr, karbohidrat pada pisang menyediakan energi yang lebih cepat daripada nasi, biskuit, atau roti. karena itulah mungkin para atlit mengkonsumsi pisang untuk memenuhi kebutuhan energi mereka. pisang juga merupakan makanan dengan nilai protein yang cukup bagus yaitu sekitar 2,3 %. selain itu pisang memunyai kandungan lemak yang sangat rendah yaitu 0,13 % sehingga merupakan makanan alternatif yang baik bagi diet. 
Mineral:
pisang sangat kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. dan seluruh kandungan mineral tersebut 100 % bisa di serap tubuh. kadar zat besi pada setiap 100 gr pisang mencapai 2 mg, tentu saja hal ini lebih baik dari nilai zat besi pada apel yang hanya mencapai 0,2 mg.
pisang juga merupakan sumber vitamin yang sangat tinggi, pisang kaya akan provitamin A [45 mg / 100 gr], vitamin C, vitamin B, vitamin, B12, dan vitamin B6.
mengkonsumsi buah pisang juga sangat baik bati kesehatan tubuh, beberapa manfaat mengkonsumsi buah pisang di antaranya adalah:
Manfaat buah Pisang:
-Depresi
pisang mengandung tryptophan, yaitu sejenis protein yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh untuk memberi rasa rileks dan memperbaiki mood
-Mengurangi Resiko Stroke dan Penyakit Jantung
makan pisang secara teratur bisa mengurangi resiku penyakit stroke sampai 40%, dan efek antasid pada pisang mampu mengurangi resiko penyakit jantung
-Menetralisir Racun Nikotin pada Perokok
kalium, magnesium, dan vitamin C, A, B12, dan B6 yang terkandung pada buah pisang mampu membantu tubuh untuk cepat sembuh dari efek racun nikotin. hal ini juga bisa membantu bagi anda yang mencoba berhenti dari kebiasaan merokok.
-Anemia [kurang darah]
kandungan zat besi yang tinggi pada buah pisang mampu merangsang produksi hemoglobin dalam darah, sehingga mampu mengatasi anemia
-Tekanan Darah Tinggi
kandungan kalium yang tinggi dan garam yang rendah membuat pisang mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan serangan stroke
demikian informasi manfaat dan kandungan gizi buah pisang, di Indonesia pisang merupakan buah yang murah dan sangat mudah di jumpai, hampir semua warung makan menyediakan buah pisang sebagai pencuci mulut. mungkin dengan mengkonsumsi pisang setelah makan kita bisa membantu menjaga gizi pada tubuh kita.. :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar