Rabu, 03 Oktober 2012

Cara mencegah dan mengusir demam panggung

Demam panggung biasanya terjadi pada orang yang baru pertama kali atau jarang berpidato, bagi mereka yang sudah sering berpidato atau berbicara di depan masa yang banyak jika muncul demam panggung dalam dirinya mereka dapat mengatasinya dengan baik. umumnya jika seseorang mengalami demam panggung, dia akan mengalami beberapa gangguan fisik (gangguan fisik misalnya mulut menjadi kering, lutur gemetar, tangan gemetar, jantung berdetak keras, nafas memburu, wajah merah dan terasa panas, suara kemetar dan tidak jelas, keringat keluar dengan deras, mata tidak berani melihat para hadirin, dan lain-lain) dan juga mengalami gangguan yang sifatnya intelektual. Gangguan intelektual ini menyebabkan daya piker menjadi terganggu. Apa yang sudah diingat menjadi lupa. Cara berpikir yang semula sudah diatur secara sistematis menjadi kacau. Padahal sebelumnya sudah disiapkan masak-masak. Kalau gangguan demam panggung itu datang menyerang, jangan harap pembicara itu bisa berhasil dalam pidatonya. kalau semua itu terjadi tentunya penampilan kamu dalam berpidato menjadi tidak baik, maka gangguan itu harus diusir atau dicegah sebelum datang. Para ahli (Brigance, Thomson) memberi resep cara mengusir atau mencegah demam panggung yang melanda seorang pembicara adalah :
untuk mencegah demam panggung
  • Memilih topik yang baik
  • menguasai topik itu
  • membuat persiapan pidato yang matang
Untuk mengusir demam panggung
  • Gunakan gerak tubuh seperlunya, jangan terlalu kaku
  • jangan hanya memusatkan pikiran pada diri sendiri, (justru lebih banyak) juga pada masalah yang dibicarakan
  • berpeganglah sekedarnya pada mimbar
  • anggaplah semua pendengar itu kawan (think of the audience as friends)
itulah beberapa cara untuk mengatasi demam panggung pada saat ingin berpidato atau berbicara di depan banyak orang, semoga bermanfaat
referensi dari buku Teknik berpidato, diskusi dan MC (pengarangnya tidak diketahui, karena bagian sampulnya sudah hilang)

sumber : http://ridwanaz.com/umum/akademik/cara-mencegah-dan-mengusir-demam-panggung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar