Jumat, 14 September 2012

Cara Membuat Es Krim Tanpa Mesin

Suka makan Es Krim ga? biasanya sobat beli apa buat sendiri? Nah pasti banyak yang belum tau kalau sebenarnya Cara Membuat Es Krim itu mudah. Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis.

Lalu campuran cara membuat es krim ini tadi didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Tradisionalnya, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke sebuah wadah dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam. Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut. Berikut ini resep cara membuat es krim yang mudah dan enak yang bisa anda buat di rumah.

cara membuat es krim Cara Membuat Es Krim Tanpa Mesin

Bahan Membuat Es Krim :
475 ml Sahne (cream/kepala susu)
125 ml Susu cair (atau bisa juga santan kelapa)
4 butir telur
100 ml gula (lebih bagus lagi kalau feiner Zucker / gula halus)
1 sendok teh vanilli
Rasa Es Krim Terserah Anda (apokat, coklat/Blockschokolade, Erdbeer/strawberry, pisang, dll.).

Alat Membuat Es Krim
blender
freezer / Gefrierfach, Gefriertrühe
panci kecil
wadah es krim
kompor

Cara Membuat Es Krim

Adonan 1
Apokat diblender, kemudian ditaruh ke dalam panci. Masukkan Sahne dan susu/santan. Seluruhnya dipanaskan pelan-pelan sambil terus diaduk (Elektroherd : angka 2). Jika sudah panas (gelembung udara mulai naik), panci diturunkan.

Adonan 2
Telur (kuning+putihnya), gula, dan vanili diblender (dikocok). Lalu dituangkan ke dalam panci berisi adonan
Semuanya kemudian dipanaskan lagi, sambil diaduk terus hingga mengental. Setelah kental, dituangkan ke dalam wadah es krim (rantang atau sejenisnya) ditaruh ke dalam kulkas (Kühlschrank) selama 3-4 jam.
 Setelah itu dipindahkan ke dalam freezer (Gefrierfach), setiap 1 jam diaduk, supaya tidak terjadi pengkristalan es. Setelah 3-4 kali pengadukan (3..4 jam) menurut pengalaman tidak perlu lagi diaduk. Jika es krim yang jadi terlalu keras/liat, sebaiknya 10 menit dikeluarkan sebelum disantap.
 
Nah Es Krim buatan kamu sendiri sudah bisa dinikmati bersama keluarga. Mudah bukan membuatnya?
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar